Class Notes

Erdy’s Notes on Consumer Behavior Class

Lecturer : Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSC
(www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id)

Based on Consumer Behavior Text Book by Ujang Sumarwan

1. Solomon mengatakan bahwa pengertian belajr adalah sebuah proses perubahan perilaku yang relatif permanen dan dipengaruhi oleh pengalaman (expeience) 2. Schiffman dan Kanuk mengatakan bahwa belajar adalah proses memperoleh pengetahuan dan pengalaman pembelian konsumsi yang akan diterapkan pada perilaku yang dikaitkan dengan masa yan akan datang 3. Engel, Blackwell Miniard menyatakan bahwa belajar adalah proses dimana pengalaman akan membawa kepada perubahan pengetahuan, sikap dan atau perilaku 4. Loudon dan Della Bitta juga berpendapat bahwa belajar adalah prubahan yang relatif permanen dari perilaku yang muncul akibat pengalaman 5. Beberapa hal yang pening dari belajar adalah : belajar merupakan proses yang berkelanjutan, pengalaman memainkan peranan dalam proses belajar 6. Syarat proses belajar yaitu : Motivasi yaitu daya dorong dari dalam diri konsumen, Isyarat yaitu stimulus yang mengarahkan motivasi, Respons yaitu reaksi konsumen terhadap isyarat, Pendorong/penguatan yaitu sesuatu yang meningkatkan kecenderungan seorang konsumen untuk berperilaku pada masa datang karena adanya isyarat. 7. Jenis-jenis Proses Belajar yaitu : a.Belajar kognitif : dicirikan dengan adanya perubahan pengetahuan yang menekankan pada proses mental konsumen untuk mempelajari informasi. b. Proses belajar perilaku : ketika konsumen bereaksi terhadap lingkungan   atau stimulus luar. 8. Proses Belajar Perilaku terbagi menjadi 3 : a) Classical conditioning, yaitu makhluk hidup adalah makhluk yang pasif yang bisa diajarkan melalui kebiasaan. Contohnya : kebiasaan mengonsumsi nasi sebagai makan pokok untuk orang Indonesia. b) Instrumental conditioning, yaitu berperilaku karena iming-iming atau hadiah c) Vicarious learning (Observational learning), yakni belajar karena melihat perilaku dari orang lain. 9. Ada tiga konsep yang diturunkan dari proses belajar classical conditioning, yaitu pengulangan (repetition), generalisasi stimulus, dan diskriminasi stimulus 10. Pemahaman generalisasi stimulus biasanya diterapkan dalam pemasaran untuk membuat merek dan kemasan, seperti : Line Extension, Family Branding, Retail Private Branding, Me-too Products, Similar Name, Licensing. 11. Diskriminasi stimulus biasanya dipakai untk melakukan positioning dan diferensiasi produk oleh pemimpin pasar atau produsen pada umumnya. 12. Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut, dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen 13. Pengetahuan konsumen terdiri dari pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian.

 

Leave a comment